zwani.com myspace graphic comments

Sunday 9 December 2012

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Ms Powerpoint 2010 Part 1

Sumber Gambar : http://id.4presentation.net/yang-baru-di-powerpoint-2010/
Anda sudah pasti mengenal salah satu produk dari Microsoft Office ini tentunya, dari 9 produk Microsoft Office berapa yang telah anda gunakan ?, kebanyakan yang menjawab saat saya bertanya demikian hanya 2 produk, paling banyak 4 produk yaitu Ms Word, Excel, Powerpoint, dan Access. Coba kita lihat apa saja produknya si Microsoft Office itu dari gambar dibawah ini :


Gambar Produk Microsoft Office 2010
Ya, itu dia disela-sela informasi bahwa Microsoft akan meluncurkan Produk Office terbarunya lihat Review Microsoft Office 2013 untuk lebih detailnya.

Nah, sekarang saya hanya akan membahas Fitur pada Microsoft Office Powerpoint 2010 saja, mungkin Fitur Office yang lain akan saya bahas di artikel lain. Bagi anda yang masih menggunakan Office 2007 tenang saja tidak akan jauh beda kok. Tapi untuk pengguna dibawah Office 2007, sangat saya sarankan untuk mengupgrade versi Microsoft Office anda karena saya jamin apa yang saya bahas disini akan berbeda jauh dengan yang anda ketahui.... So, Rekomendasi saya mari gunakan Office 2010... Hehehe...

...::PART 1::...

Okey, Artikel ini didedikasikan untuk Orang Tua saya khususnya Ibu saya sendiri yang salah satu pengajar di Sekolah Dasar Negeri Mangar II, Sekolah kecil di Desi kecil, Tapi saya yakin Guru dan Siswa disana memiliki jiwa yang Besar....

Dan, Kategori Artikel ini : Newbie hingga Advance

Nah, saya mulai dengan tampilan awal Powerpoint yang seperti dibawah ini:
Sumber Gambar : http://www.andrewtechhelp.com/tech-news/windowsoffice-news/80-office-2010-technical-preview-review

Itu adalah Layout, jadi saya akan mulai mengoprek, apakah itu layout ?, apa fungsi layout ? apa hubungan layout dengan media pembelajaran ini ? dan pertanyaan lainnya seputar layout....

Layout adalah salah satu sub dari Office Theme, yang bertugas menata tata letak teks,gambar,chart,dll, dimana dalam mengatur layout pasti kita juga akan berhubungan dengan Thema. Layout itu sendiri dapat kita akses melalui Menu View -> Slide Master Setelah itu kita akan disuguhi tampilan Full Office Theme Beserta Layout bawaannya di tiap Slide dibawahnya.

Okey Coba anda edit tiap tulisan di Textbox area yang terdapat di Slide Master tersebut, maka ketika anda keluar Close Master View maka teks perubahan tadi juga berubah, dan ketika kita klik maka teks tersebut akan hilang tergantikan dengan teks yang baru bila kita mengetikkan isi pada textbox area tersebut.

Okey, Sampai disini dulu Part 1, Saya harapkan anda telah menemukan Clue untuk kreatifitas anda sendiri dalam memodifikasi Layout Tersebut...^^

Selamat Mencoba dan jangan pernah Putus Asa.... Bila ada yang perlu ditanyakan, silahkan posting komentar anda....

No comments :